Siap Memiliki Layar Hunian Baru di Tahun Baru? Lihat Bagaimana Merencanakan Biaya Renovasi!

0
45

orang menggunakan penggiling

Merenovasi rumah dengan anggaran yang lebih murah bukan tidak mungkin. Ada langkah yang bisa diambil untuk memangkas biaya renovasi rumah, baik renovasi besar maupun kecil.

Bagi Anda yang ingin menyambut tahun baru dengan penampilan rumah yang lebih menarik, lihat tips kami dan rencanakan renovasi rumah Anda.

Tentukan titik renovasi

Langkah ini menentukan perkiraan biaya yang Anda butuhkan nanti. Ini karena ukuran skala renovasi yang akan dilakukan kemudian ditentukan dalam langkah ini.

Tentukan area rumah yang harus direnovasi, serta furnitur yang harus diganti. Dari sini Anda juga dapat menentukan apakah renovasi besar harus dilakukan, atau hanya perubahan kecil.

Luangkan waktu untuk melakukan inspeksi rumah menyeluruh sehingga perencanaan bisa lebih efektif. Dengan demikian, tidak ada poin yang terlewatkan sehingga proses renovasi dapat dilakukan secara bersamaan.

Dalam proses ini, Anda juga dapat menentukan desain bagian yang ingin Anda renovasi.

Melakukan penelitian

Langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian. Ini juga penting agar pekerjaan renovasi bisa lebih efisien dan efektif.

Pastikan Anda mencatat hal-hal berikut:

  • Ukuran area yang harus direnovasi;
  • Bahan atau furnitur dibutuhkan;
  • Perbandingan harga dan kualitas;
  • Jika Anda memerlukan bantuan dari seorang tukang, ke mana harus mencari dan berapa biayanya;
  • Apakah semuanya harus diselesaikan sekaligus atau dapat ditunda;
  • Perkiraan biaya keseluruhan.

Penelitian membutuhkan waktu, jadi jangan terburu-buru. Pastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik, dan pastikan cara renovasi akan lebih efisien.

Selain melakukan riset di toko furnitur dan bangunan secara offline, coba lakukan riset secara online. Referensi dari teman dan keluarga juga bisa menjadi referensi. Apalagi jika mereka sudah merenovasi rumah sebelumnya.

Jika proses renovasi membutuhkan bantuan tukang, baik dari kontraktor atau kontraktor, maka lakukan juga penelitian tentang hal ini. Anda dapat menelusuri, atau bertanya kepada teman dan keluarga.

Buat rincian kebutuhan dan anggaran Anda

Langkah selanjutnya adalah mengatur rincian kebutuhan dan anggaran. Buat uraian yang jelas tentang apa yang dibutuhkan, dan berapa biayanya atau harganya.

Misalnya, Anda ingin mengganti keramik. Maka rincian anggarannya adalah sebagai berikut.

[table id=427 /]

Sumber: sejasa.com

Anda juga dapat menggunakan format ini untuk menghitung anggaran untuk merenovasi atau mengganti perabotan rumah.

Jika ada sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri, seperti mengganti tirai atau mengecat, lebih baik melakukannya sendiri. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya tukang.

Pastikan Anda memilih bahan bangunan berkualitas. Ini karena jika bahan yang digunakan tidak tahan lama, Anda harus melakukan perbaikan lagi.

Keamanan tetap menjadi yang utama

Sekalipun Anda berhemat, bukan berarti mengesampingkan kualitas dan keamanan. Bayangkan jika Anda harus mengeluarkan uang untuk perbaikan hanya setelah beberapa bulan merenovasi rumah.

Apalagi jika renovasi adalah bagian rumah yang rentan seperti listrik atau sambungan atap, maka pemilihan bahan murah akan membahayakan Anda dan keluarga.

Begitu juga dengan layanan tukang. Berhati-hatilah saat memilih kontraktor atau kontraktor. Jangan sampai Anda tergoda oleh biaya tukang yang murah, lalu kesampingkan kualitas pekerjaan mereka. Selalu mencari referensi yang dapat diandalkan sebelum memilih layanan kontraktor atau kontraktor untuk mengerjakan renovasi.

Juga perlu diingat, jangan memaksakan diri jika Anda tidak yakin dapat melakukan perbaikan atau renovasi sendiri. Ini dapat membahayakan keselamatan Anda, atau bahkan membuat proses renovasi menjadi tidak efisien.

Atur keuangan untuk renovasi

Terakhir adalah bagaimana mengumpulkan dana untuk kebutuhan renovasi. Tentu ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini. Ini beberapa di antaranya.

Tabungan berjangka

Kami selalu menyarankan penghematan di masa depan untuk berbagai kebutuhan Anda di masa depan, salah satunya adalah renovasi.

Baik jika Anda tidak mulai menabung ketika ada kebutuhan. Anda selalu memiliki rekening tabungan jangka panjang dan memperbarui, setidaknya, setiap enam bulan.

Jadi ketika Anda ingin melakukan renovasi, bisa sesuaikan dengan waktu tenor tabungan Anda selesai. Jadi, Anda tahu berapa rupiah yang akan Anda miliki selama proses renovasi.

Pinjaman

Salah satu kategori pinjaman yang diberikan oleh bank dan lembaga keuangan adalah renovasi rumah. Anda dapat mengajukan pinjaman melalui lembaga tepercaya, kemudian ketika diverifikasi, beri tahu petugas bahwa pinjaman tersebut digunakan untuk renovasi rumah.

Jika Anda memiliki dokumen yang diperlukan, biasanya hanya KTP dan bukti pendapatan, maka permohonan pinjaman kemungkinan besar akan disetujui.

[product name=”Tunaiku” image=”https://static.aturduit.com/articles/wp-content/uploads/2018/07/tunaiku_owler_20170818_233447_original.png” feature=”Pinjaman dana online hingga Rp 20 juta cair dalam 24 jam”┬álink=”https://tunaiku.com/?refcode=ATRDUIT2&utm_source=programreferral&utm_medium=socialsharing&utm_campaign=ATRDUIT2″ target=”_blank” cta=”https://tunaiku.com/?refcode=ATRDUIT2&utm_source=programreferral&utm_medium=socialsharing&utm_campaign=ATRDUIT2″ target=”_blank” positionbutton=”top_1_button_pl_product” ]

Manfaatkan diskon musiman

Selama liburan seperti hari libur keagamaan dan tahun baru, banyak toko menawarkan diskon. Selain itu, momen-momen seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) juga dapat digunakan untuk berbelanja untuk renovasi. Mulai dari membeli kebutuhan seperti bahan bangunan, hingga perabot rumah tangga baru.

Meskipun diskon ini tidak berlaku untuk pekerjaan renovasi, setidaknya Anda telah menghemat pengeluaran dalam hal bahan bangunan dan furnitur.

Dengan tips ini, kami harap Anda dapat melewati tahun 2020 dengan suasana rumah yang lebih nyaman dan lebih aman.

Berbicara tentang rumah dan renovasi, kami juga memiliki tips tentang membeli rumah bekas untuk diubah menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Posting Siap Memiliki Tampilan Hunian Baru di Tahun Baru? Lihat Bagaimana Merencanakan Biaya Renovasi! muncul pertama di Aturduit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here