Pastikan Anda Memulihkan Finansial Idul Fitri 2020 Anda

0
61

Idul Fitri atau Idul Fitri tahun ini memang berbeda dari biasanya. Selain tidak bisa pulang, berkumpul dengan teman atau keluarga di satu kota juga terbatas.

Namun, yang lebih mengesankan adalah bahwa itu bisa menjadi Idul Fitri tahun ini serta menandai aktivitas ekonomi yang secara bertahap pulih seperti sebelumnya.

Jika Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) memang akan berakhir sesuai jadwal, 22 Mei 2020, maka pada 25 Mei 2020 adalah awal dari periode pemulihan ekonomi. Di mana kantor atau toko yang ditutup, mungkin, kembali beroperasi.

Bagi Anda yang penghasilannya berkurang atau bahkan hilang penghasilan, saat ini Anda akan membutuhkan dana yang cukup. Modal cukup untuk mendapatkan penghasilan baru atau penghasilan tambahan, serta cukup untuk kebutuhan sehari-hari, hingga didirikan kembali.

Oleh karena itu, tips keuangan pasca-lebaran ini tidak hanya untuk memulihkan keuangan Anda, tetapi juga untuk mempersiapkan Anda untuk bulan-bulan berikutnya.

Evaluasi pengeluaran selama Ramadhan dan Idul Fitri

keuangan

Tidak pulang bukan berarti Anda tidak memiliki pengeluaran selama bulan puasa dan lebaran. Catat semua pengeluaran termasuk pengiriman makanan, belanja online, transfer uang ke keluarga, ke biaya lainnya.

Kemudian tentukan anggaran yang bisa Anda gunakan untuk Lebaran, bahkan di rumah. Namun, Idul Fitri adalah hari istimewa yang harus dirayakan, meski sederhana. Anda bisa membuat batasan pengeluaran untuk memesan kue kering atau makanan yang bisa dinikmati saat lebaran.

Namun Anda merayakan Lebaran, jangan terlalu banyak menghabiskan uang. Tetap menggunakan prinsip berhemat dalam merayakan hari kemenangan.

Bayar semua hutang

keuangan

Apa pun situasinya, tetap membayar prioritas pengeluaran terlebih dahulu. Jika Anda memiliki hutang, maka bayarlah dengan mencicil atau bayar hutang sebelum Anda menggunakan uang untuk tujuan lain.

Membayar hutang dapat menyelamatkan Anda dari denda dan hukuman di masa depan. Apalagi setelah Lebaran selesai, Anda mungkin harus kembali bekerja. Ini artinya, Anda akan membutuhkan uang untuk biaya transportasi, makan siang, dan biaya lainnya.

Batasi pengeluaran harian

keuangan

Untuk memperbaiki kondisi keuangan setelah lebaran, salah satu caranya adalah membatasi pengeluaran harian. Demikian juga untuk Idul Fitri tahun ini, kebiasaan menabung akan membantu Anda di masa depan. Ini karena dalam ketidakpastian ekonomi, Anda membutuhkan lebih banyak tabungan atau dana cadangan. Setidaknya itu dapat memenuhi kebutuhan dasar selama enam bulan.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membatasi biaya ini. Salah satunya adalah penghematan biaya makanan. Jika Anda menggunakan layanan pemesanan makanan online untuk berbuka puasa, maka Anda bisa memasak untuk makan.

Anda juga dapat menghemat biaya kuota internet dengan mengurangi durasi menonton video di YouTube atau streaming film. Temukan hobi lain seperti membaca atau menggambar yang dapat menjauhkan Anda dari perangkat pintar sejenak.

Rencanakan tabungan atau investasi

keuangan

Gunakan waktu ini untuk merencanakan langkah-langkah keuangan Anda ke depan. Seperti memiliki investasi atau deposit untuk kebutuhan masa depan.

Catat penghasilan Anda saat ini dan berapa banyak yang dapat disisihkan untuk modal investasi nanti. Juga berikan target ketika Anda bisa mulai berinvestasi.

Jika Anda masih ragu tentang investasi, Anda dapat menggunakan tabungan dengan lebih banyak keuntungan atau bunga. Misalnya, dengan membuka rekening tabungan berjangka, atau menggunakan layanan tabungan dengan manfaat seperti investasi. Suka layanan yang disediakan oleh ipotpay.

Jadikan momen Lebaran ini sebagai titik balik bagi Anda untuk bangkit kembali secara finansial.

Memiliki dana darurat

keuangan

Pelajaran berharga dari kondisi saat ini adalah pentingnya memiliki dana darurat. Pastikan Anda memiliki sejumlah uang di akun yang dapat diambil kapan saja.

Yang terbaik adalah jika Anda menggunakan akun lain untuk menyimpan dana darurat. Selain lebih mudah dilacak karena tidak bercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari, menggunakan akun yang berbeda juga mencegah Anda menggunakan uang darurat ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedikit demi sedikit, mulailah menyisihkan penghasilan untuk membangun dana darurat Anda. Tidak hanya bisa digunakan ketika ada kebutuhan mendadak. Tetapi itu juga membuat Anda lebih tenang, karena jika ada kondisi tak terduga yang memengaruhi penghasilan, Anda masih punya uang untuk mendukung kebutuhan sehari-hari Anda.

Buat prioritas

keuangan

Nah, untuk saat ini Anda harus memusatkan dana Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda, bukan keinginan Anda.

Bagikan pengeluaran Anda dan buat prioritas. Alihkan uang yang awalnya ingin Anda gunakan untuk bepergian atau membeli barang ke tabungan dan dana darurat.

Ingat, meski PSBB akan dicabut sesuai jadwal, 22 Mei 2020, bukan berarti Anda langsung menghabiskan uang untuk berkumpul bersama teman-teman di tempat umum. Selain boros, tindakan ini juga bisa menjadi risiko kesehatan. Sampaikan rencana keuangan Anda, sehingga mereka juga mengerti dan tidak memaksa untuk bertemu.

Gunakan minggu ini untuk membuat perencanaan keuangan Anda. Kemudian gunakan dua hari Idul Fitri, 23 dan 24 Mei, untuk benar-benar beristirahat, beribadah, dan menghubungi keluarga Anda di kota asal Anda.

Lihat juga Kiat keuangan Ramadhan orang lain untuk mempersiapkan Anda untuk Bulan Puasa tahun depan.

Pos Pastikan Anda Memulihkan Finansial Idul Fitri Anda muncul terlebih dahulu di Aturduit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here