Menambah Cadangan, ABM Investama akan Mengakuisisi Penambangan Batubara

    0
    14

    Jakarta – Harga batubara yang masih dalam tren menurun tidak mengurangi laju ekspansi PT ABM Investama Tbk. Perusahaan dengan kode penerbit ABMM telah meninjau ratusan sekitar 180 area penambangan batubara yang akan diakuisisi. Tindakan ini ditargetkan untuk meningkatkan cadangan batubara ABM Investama sebesar 100 juta ton. Perusahaan saat ini memiliki cadangan batubara 250 juta ton.

    "Sejak 2015 kami telah meninjau sekitar 180 tambang. Mudah-mudahan tahun ini kami setidaknya dapat memperoleh 1. Untuk wilayah yang kami buka, bisa di Sumatra di mana infrastrukturnya siap, atau di Kalimantan," kata Direktur Investas ABM Adrian Erlangga di paparan publik virtual, diadakan di Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020

    Lahan penambangan yang ditargetkan adalah tambang yang dapat menghasilkan batubara dengan skala kalori di atas 4.000 kkal / kg. Untuk mendukung tindakan ini, perusahaan memperkirakan kebutuhan pendanaan sekitar USD 150-250 juta. Pendanaan akan berasal dari pinjaman bank dan ekuitas perusahaan. Tetapi jika diperlukan, perusahaan juga akan membuka semua opsi pendanaan dari sumber lain.

    Tahun ini, selain dari kebutuhan untuk akuisisi, ABM Investama awalnya menyiapkan belanja modal (USD) sebesar USD90 juta. Capex dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan pemeliharaan peralatan, serta perluasan area kerja. Namun, angka itu dipotong 50% menjadi USD45 juta karena pandemi co-19.

    "Kami menunda Capex sampai kondisinya membaik, jadi setelah pandemi Covid-19 mereda, kami bisa melepasnya," kata Adrian.

    Di sisi lain, ABM Investama sedang mengincar produksi 15 juta ton pada akhir 2020. Tahun lalu, perusahaan mencatat produksi 11,76 juta ton.

    "Meskipun ada Covid-19, kami percaya permintaan batu bara tetap tinggi. Memang ada penurunan di bulan April karena kuncian total India. Tetapi pada bulan Mei mulai meningkat. Jadi kebutuhannya tetap tinggi, terutama di Asia pada Saat ini banyak rencana pengembangan daya. Tapi memang ada koreksi dari segi harga, "kata Adrian. (*) Ari Astriawan

    Posting Menambahkan Cadangan, ABM Investama akan Mengakuisisi Tambang Batubara muncul pertama kali di Infobanknews.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here