Lupakan Resolusi Tahunan! Sekarang adalah waktunya untuk membuat strategi keuangan baru sebelum Desember 2020

0
15

Segera kami akan memasuki semester kedua tahun 2020. Bagaimana dengan resolusi yang Anda buat tahun lalu?

Dengan segala yang terjadi tahun ini, pasti banyak dari rencana keuangan kita tidak dapat direalisasikan tahun ini. Karena itu, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan situasi, dan membuat strategi baru.

Sekarang, kami mengundang Anda untuk membuat rencana dan target keuangan untuk enam bulan ke depan.

Cara membuat target finansial

Jika Anda memiliki keinginan untuk membeli sesuatu, atau berjalan-jalan tahun depan, maka Anda harus memiliki rencana keuangan yang baik. Bahkan jika Anda ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih baik, maka buatlah target dan rencana.

Ingat, sebelum menetapkan target keuangan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.

Berapa uang Anda sekarang?

Langkah pertama untuk mengetahui berapa uang Anda saat ini adalah sebagai berikut:

  • berapa rupiah yang Anda miliki saat ini dalam bentuk tunai, dalam rekening tabungan, saldo e-wallet, atau dalam bentuk lain;
  • berapa rupiah yang harus dibayarkan, apakah itu tagihan listrik, sewa, air, utang, atau pengeluaran rutin lainnya.

Perbedaan dari jumlah uang yang Anda miliki dikurangi semua jumlah yang harus Anda bayar kekayaan bersih Kamu. Jadi, semakin banyak hutang, semakin kecil kekayaan bersih Kamu.

Anda bisa membuat tabel distribusi seperti ini untuk mempermudah perhitungan. Sekarang, gunakan angka sesuai dengan pengeluaran bulan sebelumnya. Kemudian di bulan berikutnya, buat "anggaran" di awal bulan, dan kemudian dievaluasi pada akhir bulan.

[table id=436 /]

Kembangkan tabel ini untuk pengeluaran Anda. Setelah mengetahui hal ini, Anda dapat membuat anggaran untuk bulan berikutnya, termasuk menentukan target keuangan berikutnya.

Lakukan ini setiap bulan, sehari sebelum hari gajian. Kiat-kiat ini juga telah dilakukan oleh penulis, dan berhasil mengurangi 10% hingga 20% biaya yang tidak perlu.

Buat target keuangan

Mengingat ketidakstabilan kondisi ekonomi yang memiliki dampak luas, ada banyak orang yang pendapatannya berkurang, atau bahkan hilang.

Pada saat-saat seperti ini, suka atau tidak Anda harus menggunakan tabungan dan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan harian Anda, atau untuk membayar tagihan bulanan reguler.

Karena itu, target keuangan Anda juga harus disesuaikan dengan prioritas saat ini.

  1. Mengembalikan dana darurat yang digunakan
  2. Bayar utang
  3. Menyimpan kembali untuk hari tua
  4. Target keuangan (jangka pendek atau jangka panjang)

Jangan merencanakan perjalanan jika Anda tidak memiliki anggaran untuk tabungan dan dana darurat. Menggunakan kartu kredit hanya akan menambah hutang Anda.

Sebelum Desember 2020

Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan formula manajemen keuangan dasar seperti 50/20/30 atau 70/20/10 sesuai keinginan.

Sekali lagi, Anda bisa mengembangkan tabel ini sesuai kebutuhan. Juga sesuaikan angka dengan pendapatan, pengeluaran, dan target Anda.

Bulan 1 (Juli) hingga 6 (Desember)

[table id=437 /]

Jadi, uang yang Anda kumpulkan dalam 6 bulan adalah Rp 400.000 x 6 bulan = Rp 2.400.000. Jumlah ini masuk ke dana darurat, dan tidak akan digunakan pada akhir tahun.

Jika Anda ingin keluar atau membeli sesuatu di masa mendatang, kurangi dari "anggaran harian maksimum", dan bukan dari "target sisa bulanan".

[table id=439 /]

Pendapatan target tambahan

Lebih baik lagi, Anda menetapkan target untuk penghasilan tambahan. Gunakan buku harian atau jurnal untuk membuat rencana penghasilan tambahan ini.

Tentukan berapa jam dalam sehari yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan sambilan. Misalnya, gunakan 3 jam setiap hari untuk:

1. melakukan pekerjaan sampingan online atau offline,

2. buat portofolio (jika perlu),

3. perbarui profil pada linkedin,

4. pelajari keterampilan atau kemampuan baru.

Jangan lupa, setelah memiliki penghasilan tambahan, sesuaikan tabel anggaran dengan jumlah pendapatan baru. Adalah ide bagus untuk menambahkan jumlah "target residual bulanan" jika penghasilan Anda meningkat di bulan-bulan berikutnya.

Bagaimana? Mudah diikuti, bukan tipnya?

Apa pun penghasilan Anda, cobalah untuk mencatatnya dengan baik. Jika Anda tertarik mengembangkan uang dengan saluran investasi, maka informasi investasi yang ramah untuk pemula penting untuk dicatat.

Posting Lupakan Resolusi Tahunan! Sekarang adalah Saatnya Membuat Strategi Keuangan Baru Sebelum Desember 2020 muncul pertama di Aturduit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here