Kemenkop Dorong Rp. 736 T Anggaran Untuk Meningkatkan Permintaan untuk UKM

    0
    14

    Jakarta – Menteri Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMME (Kemenkop) Teten Masduki mengaku telah mengeluarkan kebijakan arus kas dan modal kerja, pemerintah untuk mendorong permintaan atau permintaan produk UMKM.

    "Anggaran tahun ini adalah Rp. 735 triliun, yang dapat dibelanjakan oleh produk-produk UMKM. Kami telah berkoordinasi dengan LKPP dan kami telah mengangkatnya dalam rapat kabinet," kata Teten di Infobank Webinar yang bertema Gearing-Up Into New Normal di Jakarta Kamis, 25 Juni 2020.

    Teten menambahkan, salah satu program yang telah direalisasikan adalah dengan memanfaatkan belanja badan pemerintah atau BUMN.

    Tidak hanya itu, pilihannya juga menyiapkan e-katalog dan halaman khusus untuk UMKM di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa (LKPP). Kementerian bersama dengan LKPP, juga mengadakan pelatihan kepada kementerian dan lembaga untuk menyiapkan paket pengadaan dan cara pengadaan produk UMKM dalam katalog masing-masing.

    "Kami optimis bahwa jika Rp735 triliun mengalir untuk belanja produk UMKM, saya pikir ekonomi UMKM akan mulai menggeliat lagi," katanya.

    Kemenkop juga gencar melakukan kampanye dengan tagar #banggabuatanIndonesia yang bertujuan mendorong konsumsi masyarakat untuk membeli produk UMKM.

    Menurutnya, Pemerintah terus mempercepat proses digitalisasi UMKM. Yaitu, karena dia melihat bahwa saat ini UMKM yang sudah terhubung dengan pasar online dan memanfaatkan sistem digital dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. (*)

    Editor: Rezkiana Np

    Pos Kemenkop Mendesak Rp. 736 T Anggaran Untuk Meningkatkan Permintaan untuk UMKM muncul pertama kali di Infobanknews.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here