Karena Corona, 6 juta karyawan telah diberhentikan

    0
    27

    Jakarta – Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Shinta Kamdani mengatakan, sebanyak 6 juta karyawan di Indonesia telah di-PHK atau bahkan di-PHK karena pandemi Covid-19.

    Shinta menilai, pandemi Covid-19 telah memperlambat roda perekonomian nasional dengan konsumsi publik yang rendah di tengah larangan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB)

    "Kami melihat pasokan kejutan ini dan permintaan mengejutkan menjangkau bisnis dari atas ke bawah," kata Shinta melalui konferensi video di Jakarta, Jumat, 29 Mei 2020

    Dia menambahkan, dari data asosiasi, karyawan PHK terbesar berasal dari pengusaha tekstil dan perhotelan. Meski menurutnya angka tersebut masih akan terus meningkat ketika pandemi belum berakhir.

    "Data kami diperoleh oleh asosiasi, sudah ada sekitar 6 juta karyawan di rumah atau banyak PHK karena perusahaan tidak memiliki arus kas," tambahnya.

    Lebih khusus Shinta mengatakan PHK di sektor perhotelan mencapai 1,4 juta karyawan, sektor tekstil 2,1 juta karyawan, sektor transportasi darat 1,1 juta karyawan dan sektor ritel sebanyak 400 ribu karyawan.

    Karena itu, ia berharap Pemerintah dapat mengatasi perlambatan ekonomi dan pelaku bisnis yang berbisik dengan berbagai rangsangan yang berdampak langsung pada pengusaha dan masyarakat. (*)

    Editor: Rezkiana Np

    Pos Gara-Gara Corona, 6 juta Karyawan Sudah Diberhentikan muncul pertama kali di Infobanknews.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here