Ini Langkah Pemerintah Agar UKM Tidak Jatuh Saat Pandemi

    0
    14

    Jakarta – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah yang paling terpukul selama krisis akibat pandemi COVID-19. Diperkirakan hingga September akan ada setengah dari sekitar 65 juta pelaku UMKM yang akan jatuh.

    Oleh karena itu, Pemerintah melalui Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa ada tiga pendekatan yang dilakukan pemerintah sebagai langkah untuk memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi termasuk pemulihan UMKM.

    Pendekatan pertama adalah pemulihan UMKM dari sisi permintaan. Pemerintah telah memberikan relaksasi untuk pinjaman UMKM yang telah terkena dampak melalui penundaan enam bulan dalam angsuran dan subsidi kredit, penghapusan pajak. Pemerintah juga telah menyediakan modal kerja baru yang lebih murah.

    "Kami membuka pintu selebar mungkin untuk UKM yang belum terhubung ke lembaga keuangan untuk segera mengirimkan dana dengan langsung memasuki program relaksasi," kata Teten dalam Infobank Webinar yang bertema Gearing-Up Menjadi Normal Baru di Jakarta Kamis, 25 Juni , 2020.

    Pendekatan kedua adalah menyediakan program bantuan sosial untuk UKM yang tidak lagi dapat melanjutkan bisnis mereka. Di mana UMKM yang tidak dapat melanjutkan bisnis mereka akan diklasifikasikan sebagai kelompok penerima manfaat sehingga mereka termasuk dalam jaminan sosial.

    Pendekatan ketiga, pemerintah mendorong permintaan produk UMKM. Ada dua sisi yang menjadi fokus pemerintah untuk mendorong permintaan akan produk UMKM. Yang pertama adalah melalui pengeluaran institusi nasional dan negara. Teten menjelaskan bahwa ada Rp735 triliun yang disiapkan setiap tahun untuk membelanjakan produk-produk UMKM.

    "Kami optimis bahwa jika 735 triliun itu mengalir untuk membeli produk umkm, saya pikir ekonomi umkm meregang lagi," kata Teten.

    Kemudian yang kedua melalui kampanye ke publik untuk membeli produk-produk UMKM. "Jika ada komitmen dari semua karyawan kami untuk berbelanja produk-produk UMKM, saya pikir itu akan meningkatkan permintaan untuk produk-produk UMKM," jelasnya (*). Dikcy F Maulana

    Pos tersebut merupakan langkah yang diambil oleh Pemerintah sehingga UMKM tidak akan runtuh ketika Pandemi muncul pertama kali di Infobanknews.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here