4 Poin Penting Saat Anda Mendaftar Kredit Motor

0
64

membeli sepeda motor

Sepeda motor memang merupakan sarana transportasi paling mendasar yang dipilih oleh sebagian besar orang Indonesia.

Ini karena sepeda motor adalah kendaraan termurah dan perawatannya tidak membutuhkan biaya banyak. Begitu banyak yang memilih sepeda motor sebagai kendaraan pertama mereka. Bahkan, banyak juga yang berani menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh ke luar kota.

Nah, informasi kali ini tentu penting untuk dilihat bagi Anda yang berniat membeli sepeda motor.

Cicilan

Tentu saja Anda harus melihat jumlah angsuran yang akan menjadi tanggung jawab Anda. Setelah menentukan sepeda motor yang ingin Anda beli, Anda juga harus menghitung berapa uang muka atau uang muka yang ingin Anda bayar, lalu berapa angsurannya.

Ini penting agar Anda tahu berapa rupiah yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk periode yang ditentukan. Tentunya keberadaan angsuran ini juga akan mempengaruhi keuangan bulanan Anda.

Dealer yang andal

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah dealer tempat Anda mengambil sepeda motor. Mencari dealer tepercaya tidak hanya berlaku untuk pembelian sepeda motor baru, tetapi juga yang digunakan.

Ingat bahwa sepeda motor yang akan dibeli, terutama yang bekas, dapat datang dari mana saja. Jangan sampai Anda membeli sepeda motor curian karena Anda tidak berhati-hati dalam memilih dealer. Lebih buruk lagi, jika Anda menjadi korban penipuan karena membeli sepeda motor dari dealer mana pun tanpa memperhatikan kredibilitasnya.

Memilih dealer resmi dan tepercaya juga akan mencegah Anda dari masalah dokumen di masa mendatang. Ingat bahwa dokumen kendaraan ini dapat membantu Anda dengan STNK) atau dijual kembali di masa depan.

Sebagai bentuk layanan, dealer sepeda motor resmi juga menyediakan buku garansi dan buku panduan. Beberapa bahkan menyediakan helm sesuai dengan standar keselamatan bagi pelanggan mereka.

Jadi, selalu periksa kredibilitas dealer yang akan Anda pilih. Jika ragu, Anda dapat bertanya kepada kolega atau menemukan dealer terbaik melalui internet.

Sistem kredit dan penalti

Poin ini sangat penting dan jangan lupa untuk bertanya. Jadi Anda tahu semua informasi dengan jelas termasuk risikonya.

Adapun beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang sistem kredit dan hukumannya adalah sebagai berikut.

  1. Angsuran harus dibayarkan per bulan sesuai dengan kemampuan DP.
  2. Tenor Kredit
  3. Biaya tambahan seperti administrasi dan lainnya.
  4. Dokumen apa yang akan Anda dapatkan.
  5. Jenis denda atau sanksi yang berlaku.
  6. Orang yang dapat Anda hubungi selama proses kredit.

Jangan menyesal di masa depan hanya karena lupa bertanya tentang sistem kredit dan denda yang berlaku.

Dapatkan dokumen resmi yang bisa dipertanggungjawabkan

Jika Anda dapat menemukan leasing atau penyedia pinjaman kendaraan dan dealer sepeda motor tepercaya, tentu saja Anda dapat menghindari masalah hukum. Namun, berjaga-jaga selalu merupakan langkah yang tepat.

Saat membeli sepeda motor, Anda akan mendapatkan sejumlah dokumen ini. Pastikan semuanya lengkap saat Anda membeli sepeda motor, baik bekas dan baru.

Formulir aplikasi kredit

Karena kita berbicara tentang pinjaman sepeda motor, tentu saja Anda harus mengisi formulir aplikasi kredit.

Formulir atau formulir ini bisa Anda dapatkan di dealer pilihan. Meskipun ada beberapa dealer yang menyediakan layanan online, akan lebih baik jika Anda datang langsung ke dealer. Dengan demikian, Anda dapat menanyakan semua informasi yang dibutuhkan.

Bukti Pemilik Kendaraan (BPKB)

BPKB adalah bukti bahwa kendaraan yang Anda beli bukan barang curian. Selain itu, BPKB juga akan dibutuhkan saat Anda ingin menjual sepeda motor nanti. Tentu saja BPKB ini juga berfungsi sebagai lampiran untuk melakukan registrasi kendaraan, bahkan sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman.

Pastikan data di BPKB sama dengan spesifikasi kendaraan yang Anda beli. Juga perlu diingat bahwa BPKB legal memiliki simbol Tri Brata Polri yang dicetak pada hologram, serta utas holografik pada halaman BPKB.

Sertifikat Nomor Kendaraan (STNK)

Kehadiran registrasi kendaraan ini penting jika Anda membeli sepeda motor bekas dari seseorang. Selain registrasi kendaraan, juga pastikan Anda mendapatkan lembar pajak kendaraan.

Selain data yang cocok, Anda juga perlu melihat tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan. Jika STNK atau lembar pajak Anda telah kedaluwarsa, maka Anda dapat membuat faktor ini untuk meminta pengurangan harga.

Faktur

Jika Anda membeli dari dealer sepeda motor, Anda akan mendapatkan lembar faktur. Lembar ini adalah dokumen yang diperoleh oleh dealer saat menerima kendaraan dari pabrik.

Faktur berisi spesifikasi kendaraan, dan nantinya digunakan sebagai referensi saat membuat BPKB untuk kendaraan baru.

Tidak seperti mobil, kepemilikan sepeda motor tidak harus memiliki asuransi kendaraan. Jadi membeli sepeda motor tidak serumit membeli mobil.

Namun, pastikan Anda melakukan pemeriksaan kendaraan dengan hati-hati agar tidak tertipu. Jika perlu, undang teman atau keluarga untuk membantu memeriksa.

Jangan lupa juga memperhatikan cara merawat nama dan pembuatan registrasi kendaraan baru setelah menemukan motor yang Anda inginkan.

Pos 4 Poin Penting Saat Anda Mendaftar untuk Kredit Motor muncul pertama kali pada Pengaturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here